Kamis, 02 Desember 2010

Kekurangan dan Kelebihan Linux Dibanding Windows

Kernel Linux atau yang lebih tepatnya GNU Linux sudah mengalami banyak kemajuan dalam bidang sistem operasi tentunya. Sejak pertama ditemukan, ada banyak kekurangan dan kelebihan yang diberikan Linux untuk menyaingi Windows. Kali ini kita akan membahas tentang kekurangan dan kelebihan yang dimiliki Linux daripada Windows.


Mula-mula kita akan membahas kekurangan dari Linux
1.Tidak Banyak Orang yang Suka
Tak kenal maka tak sayang, begitulah pepatah mengatakan. Sama halnya dengan Linux. Banyak orang yang tak mengenal Linux dikarenakan mereka tidak ingin mencoba dan sudah merasa nyaman menggunakan Windows. Banyak ada orang yang pernah mencoba Linux, namun tak sedikit orang yang kembali kepada Windows dengan berbagai alasan, walaupun ada juga orang yang jatuh cinta pada Linux.
2.Cara Pengoperasian yang Rumit
Inilah salah satu penyebab banyak orang yang lebih suka menggunakan Windows. Cara pengoperasian pada Windows dianggap lebih mudah dibandingkan cara pengoperasian Linux. Sebenarnya, saya juga setuju dengan anggapan banyak orang. Sebab, kernel Linux tidak membuat dirinya terlihat mudah untuk kebanyakan orang.
3.Susah Cari Aplikasi
Mencari aplikasi untuk Linux memang tidak semudah mencari aplikasi untuk Windows. Hal ini disebabkan basis yang digunakan Linux berbeda dengan Windows dan juga Linux kalah pamor dengan Windows sejak awal. Jadi, banyak produsen software yang lebih memilih untuk membuat aplikasi Windows ketimbang Linux. Sebenarnya, banyak aplikasi Linux yang tersedia yang biasa disebut Linux Repository. Tapi, banyak orang yang tidak tahu dimana mereka bisa mendapatkan software Linux tersebut.

Nah, dari berbagai kekurangan tersebut, mungkin Anda akan tahu mengapa jarang ada orang yang menggunakan Linux. Kemudian sekarang kita akan membahas tentang kelebihan Linux.

1.Gratis (oke, sekali lagi, GRATIS !)
Inilah sebenarnya yang banyak dicari orang, terutama orang Indonesia. Karena alasan inilah orang mau menggunakan Linux. Bahkan mereka rela untuk mencari Linux repository di seluruh website untuk mempercanggih Linux yang mereka miliki. Gratisnya Linux bahkan hingga mencapai software-software yang mendukung kernel Linux seperti, open office, dan aplikasi pemutar audio dan video. Emang dasar orang indonesia yang gratis aja doyan.
2.Virus Jarang Masuk Linux
Basis yang berbeda dari Windows membuat Linux lebih kebal dari virus. Bahkan, Anda bisa mengutak-atik virus Windows di dalam kernel Linux tanpa takut virus merasuki sistem operasi Linux Anda.
3.Lebih Hemat Hardware
Keunggulan yang satu ini mungkin bisa dipertimbangkan untuk Anda yang mempunyai dana terbatas untuk membeli sebuah komputer. Linux dapat berjalan pada spesifikasi komputer bahkan yang terendah hingga saat ini. Contohnya, ketika Anda menginstal Windows Vista, Anda harus memenuhi spesifikasi minimal RAM 512 MB untuk memenuhi kebutuhan hardware-nya. Sedangkan ketika Anda akan menginstal Ubuntu Linux, Anda hanya memerlukan spesifikasi minimal yang kurang dari setengah spesifikasi Windows Vista. Walaupun begitu, Linux juga tidak kalah dalam urusan grafik dibandingkan Windows. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar